Lantaran Kasih Sayang Terhadap Kucing, Allah Memberikan Rahmat - Majalah Hany

Majalah Hany

Media Pendidikan dan Keluarga

Lantaran Kasih Sayang Terhadap Kucing, Allah Memberikan Rahmat

Share This

Di dalam mimpinya, Imam Asy-Syibli mengalami kematian. Lalu, setelah kematiannya itu dia ditanya tentang keadaannya,
Beliau menjawab;
 “Allah swt. bertanya kepadaku,

‘Wahai hambaku, apakah kamu tahu apa sebab Aku mengampuni dosa-dosamu?’

Aku menjawab, ‘Sebab amal salehku.’

Allah swt. berfirman, ‘Bukan.’

Aku berkata, ‘Sebab keikhlasan ibadahku.’

Allah swt. berfirman, ‘Bukan.’

Aku menambahkan, ‘Sebab haji, puasa dan shalatku.’

Allah swt. kembali berfirman, ‘Bukan.’

Maka, aku bertanya lagi “Lantas, sebab apa wahai Tuhanku?’

Allah swt. Berfirman.....
 ‘Ingatkah saat engkau berjalan di sebuah lorong, di Baghdad? Bukankah engkau menjumpai seekor anak kucing yang lemas akibat cuaca yang ekstrim hingga dia meringkuk kedinginan di sudut bangunan? Dengan rasa sayang, kemudian engkau mengambilnya, meletakkannya dalam sebuah keranjang yang engkau bawa, melindunginya dari udara yang dingin?’

Aku menjawab, ‘Ya. Hamba ingat.’

Allah swt. berfirman, ‘Lantaran kasih sayangmu terhadap anak kucing itulah, Aku memberimu rahmat dengan mengampuni dosa-dosamu”

Nasha'ihul-'Ibad
Syaikh Nawawi Al-Bantani

No comments:

Post a Comment


Pages